Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an
Berilmu Amaliah, Beramal Ilmiah, Berakhlakul Karimah
Rancangan Kurikulum 1446-1447 H
Kurikulum Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an disusun untuk membentuk generasi santri yang unggul dalam ilmu agama dan pengetahuan umum. Tahun ajaran 1446-1447 H disusun berdasarkan kalender Hijriyah dengan pembagian periode yang terstruktur serta program pembelajaran yang komprehensif.
Periode Semester
Semester Ganjil (Semester 1)
20 Syawwal 1446 H – 15 Rabiul Awwal 1447 H
(19 April 2025 – 8 September 2025 M)
Kegiatan belajar mengajar dimulai setelah libur Idul Fitri (1 Syawwal 1446) dan berakhir di pertengahan Rabiul Awwal 1447 H.
Ujian Akhir Semester (UAS Ganjil) dilaksanakan mendekati akhir periode ini, diikuti dengan pelaporan hasil belajar.
Setelah UAS Semester 1, santri mendapatkan libur 7 hari sebelum memasuki semester berikutnya.
Semester Genap (Semester 2)
21 Rabiul Awwal 1447 H – 15 Sya’ban 1447 H
(14 September 2025 – 3 Februari 2026 M)
Semester 2 dimulai setelah selesai libur Semester 1. Kegiatan belajar mengajar berakhir pada pertengahan bulan Sya’ban 1447 H.
Ujian Akhir Semester (UAS Genap) dan pelaporan hasil belajar dilaksanakan di akhir semester.
Setelah UAS Semester 2, santri diliburkan 7 hari sebelum memasuki program khusus Ramadhan.
Bulan Ramadhan
25 Sya’ban 1447 H – 20 Ramadhan 1447 H
(13 Februari – 9 Maret 2026 M)
Selama bulan Ramadhan, kegiatan pembelajaran formal diliburkan dan digantikan dengan program khusus “Ngaji Posoan”.
Dalam masa Ngaji Posoan, santri fokus pada pengajian kitab kuning, tadarus Al-Qur’an, dan amaliyah Ramadhan lainnya.
Setelah 20 Ramadhan, santri bersiap menyambut Idul Fitri 1447 H dengan libur akhir Ramadhan.
Perhitungan Hari Aktif per Bulan
Berikut ini rekapitulasi jumlah hari aktif (Sabtu–Kamis, tidak termasuk Jumat dan libur khusus) untuk setiap bulan Hijriyah dalam tahun ajaran 1446-1447 H, serta totalnya per semester:
Semester 1
(20 Syawwal 1446 – 15 Rabiul Awwal 1447)
Bulan Hijriyah | Hari Aktif |
---|---|
Syawwal 1446 H (mulai 20 Syawwal) | 9 hari |
Dzulqa’dah 1446 H | 25 hari |
Dzulhijjah 1446 H | 26 hari |
Muharram 1447 H | 24 hari |
Safar 1447 H | 25 hari |
Rabiul Awwal 1447 H (s.d. 15 R. Awwal) | 13 hari |
Total Semester 1 | 122 hari |
Semester 2
(21 Rabiul Awwal 1447 – 15 Sya’ban 1447)
Bulan Hijriyah | Hari Aktif |
---|---|
Rabiul Awwal 1447 H (mulai 21 R. Awwal) | 8 hari |
Rabiul Akhir 1447 H | 26 hari |
Jumadal Ula 1447 H | 25 hari |
Jumadal Akhir 1447 H | 25 hari |
Rajab 1447 H | 26 hari |
Sya’ban 1447 H (s.d. 15 Sya’ban) | 13 hari |
Total Semester 2 | 123 hari |
Perhitungan di atas mengabaikan hari Jumat dan hari libur khusus. Pada bulan Safar 1447 H, salah satu hari Minggu bertepatan 17 Agustus 2025 diliburkan, sehingga jumlah hari aktif efektif berkurang 1.
Total hari aktif dalam setahun = 245 hari. Kurikulum ini memenuhi ketentuan jumlah hari belajar dalam satu tahun ajaran. Semua materi direncanakan terdistribusi secara proporsional dalam rentang hari aktif tersebut.
Penutup
Rancangan kurikulum Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an tahun ajaran 1446-1447 H ini diharapkan menjadi panduan bagi para ustadz/ustadzah dan santri dalam melaksanakan pembelajaran selama satu tahun penuh, sekaligus memastikan kalender akademik pondok selaras dengan kalender Hijriyah dan momen-momen ibadah penting.
Dengan perencanaan yang terstruktur, semoga proses pendidikan pondok pesantren berjalan lancar dan menghasilkan santri yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, berakhlakul karimah, serta berwawasan luas baik dalam ilmu agama maupun umum.
Semoga Allah SWT memberi kemudahan dan keberkahan bagi kita semua dalam melaksanakan kurikulum ini. Aamiin.
Struktur Mata Pelajaran dan Alokasi Waktu
Kurikulum dibagi menjadi dua jenjang pendidikan, yaitu Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Wustho (setara SMP/MTs, kelas 7, 8, 9) dan Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Ulya (setara SMA/MA, kelas 10A, 10B, 11A, 11B, 12).
Pembelajaran dilaksanakan 48 jam pelajaran per minggu dengan 8 jam pelajaran per hari (Sabtu hingga Kamis). Setiap jam pelajaran berdurasi ±40 menit.
Tingkat Wustho (Kelas 7, 8, 9)
Tingkat Wustho menitikberatkan pada penguasaan dasar-dasar ilmu agama (diniyah) dan pengenalan ilmu umum dasar.
Mata Pelajaran | Kelas 7 | Kelas 8 | Kelas 9 |
---|---|---|---|
Al-Qur’an & Tajwid | 4 jp | 4 jp | 4 jp |
Fiqh | 5 jp | 5 jp | 5 jp |
Hadits | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Tafsir Al-Qur’an | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Tauhid (Aqidah) | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Akhlak | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Nahwu (Gramatika Arab) | 4 jp | 4 jp | 4 jp |
Shorof (Morfologi Arab) | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Bahasa Arab (percakapan & keterampilan) | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Tarikh Islam (Sejarah) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Bahasa Indonesia | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Matematika | 4 jp | 4 jp | 4 jp |
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Bahasa Inggris | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Seni dan Budaya | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Praktik Ibadah (BTQ & Amaliyah) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Total Jam/Minggu | 48 jp | 48 jp | 48 jp |
Keterangan: Mata pelajaran di atas mencakup kelompok diniyah (kitab kuning dan pelajaran agama) serta kelompok umum. Misalnya, Al-Qur’an & Tajwid melatih membaca Al-Qur’an dengan tajwid, Nahwu dan Shorof untuk tata bahasa Arab dasar, sementara mata pelajaran umum seperti Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PKn diberikan masing-masing dengan porsi terbatas agar santri tetap mendapatkan ilmu umum dasar.
Praktik Ibadah meliputi bimbingan praktek shalat, wudhu, doa harian, serta Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Total alokasi per kelas adalah 48 jam pelajaran per minggu (8 jp × 6 hari). Distribusi ini sesuai batas wajar; tidak ada satu mata pelajaran pun yang melebihi 6 jam per minggu, sehingga kurikulum seimbang dan terintegrasi.
Tingkat Ulya (Kelas 10A, 10B, 11A, 11B, 12)
Tingkat Ulya memberikan pendalaman materi agama pada tingkat lanjut serta lanjutan ilmu umum. Kurikulum mencakup studi kitab kuning tingkat tinggi dan persiapan Ujian Akhir Berstandar Nasional (Imtihan Wathani) PDF.
Mata Pelajaran | Kelas 10A/10B | Kelas 11A/11B | Kelas 12 |
---|---|---|---|
Al-Qur’an (Tahfidz/Tahsin) | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Tafsir Al-Qur’an | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Ulumul Qur’an (Ilmu Tafsir) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Hadits | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Ulumul Hadits (Musthalah) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Fiqh | 5 jp | 5 jp | 5 jp |
Ushul Fiqh | 1 jp | 1 jp | 1 jp |
Tauhid (Aqidah) | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Akhlak/Tasawuf | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Nahwu (Gramatika Arab lanjutan) | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Shorof (Morfologi Arab lanjutan) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Balaghah (Sastra & Retorika Arab) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Bahasa Arab (kemahiran: insya’, muthala’ah) | 3 jp | 3 jp | 3 jp |
Tarikh Islam (Sejarah & Kebudayaan Islam) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Bahasa Indonesia | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Bahasa Inggris | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Matematika | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Seni dan Budaya | 2 jp | 2 jp | 2 jp |
Total Jam/Minggu | 48 jp | 48 jp | 48 jp |
Keterangan: Di tingkat Ulya, santri mempelajari kitab kuning tingkat tinggi. Tafsir dan Ulumul Qur’an diberikan untuk memperdalam pemahaman Al-Qur’an, sementara Hadits dan Ulumul Hadits untuk pemahaman Sunnah dan ilmu musthalah hadits. Fiqh didalami lebih intensif, ditambah pengantar Ushul Fiqh.
Pelajaran bahasa Arab mencakup Nahwu-Shorof lanjutan (misal: Alfiyah Ibnu Malik), Balaghah untuk sastra Arab, serta praktik bahasa (insya’ – karangan, muthala’ah – pemahaman teks, dan muhadatsah – percakapan). Tauhid dan Akhlak/Tasawuf membentuk karakter dan pemahaman aqidah akhlak.
Mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Inggris, Matematika, IPA, PKn) tetap ada dengan porsi kecil agar santri tingkat Ulya memiliki wawasan umum setara SMA, meskipun kurikulum utamanya adalah diniyah. Total setiap kelas 48 jam/minggu. Seluruh kelas 10A-12 mengikuti struktur materi yang sama; pembagian kelas A/B pada tingkat 10 dan 11 hanya untuk pengorganisasian belajar (paralel) tanpa perbedaan kurikulum.
Hari Aktif dan Hari Libur
Hari efektif belajar Pondok Pesantren adalah Sabtu sampai Kamis, sedangkan hari Jumat adalah libur rutin (tanpa kegiatan belajar formal).
Hari Aktif
Seluruh hari Sabtu–Kamis dalam rentang semester dianggap hari aktif belajar, kecuali bertepatan dengan hari libur yang ditetapkan.
Secara total, Semester 1 memiliki sekitar 122 hari aktif, dan Semester 2 sekitar 123 hari aktif.
Hari Libur Rutin
Jumat setiap minggu adalah hari libur santri dari kegiatan kelas.
Santri dapat memanfaatkannya untuk istirahat, ibadah tambahan, atau kegiatan kebersihan/asrama.
Libur Setelah UAS
Setelah selesai UAS Ganjil maupun Genap, diberikan libur sekitar 7 hari.
Setelah UAS Semester 1 (pertengahan Rabiul Awwal 1447 H), santri libur satu pekan sebelum Semester 2 dimulai.
Demikian pula setelah UAS Semester 2 (pertengahan Sya’ban 1447 H), santri libur satu pekan menjelang dimulainya program Ramadhan.
Hari Libur Khusus
Pondok menetapkan libur pada hari-hari besar nasional dan keagamaan berikut (jika jatuh di tengah hari aktif):
- 10 Dzulhijjah 1446 H – Idul Adha (6 Juni 2025)
- 1 Muharram 1447 H – Tahun Baru Islam (27 Juni 2025)
- 17 Agustus 2025 – Hari Proklamasi Kemerdekaan RI
- 12 Rabiul Awwal 1447 H – Maulid Nabi Muhammad SAW (5 September 2025)
Apabila terdapat hari besar lain yang ditetapkan pemerintah sebagai libur nasional dan jatuh pada Sabtu-Kamis, maka kegiatan kelas ditiadakan pada hari tersebut sesuai instruksi pimpinan pondok.
Mulai 25 Sya’ban hingga akhir Ramadhan, kegiatan belajar kelas diliburkan dan diganti dengan program Ngaji Posoan.
Program Tambahan dan Kegiatan Khusus
Selain struktur kurikulum formal, pondok pesantren menyelenggarakan program tambahan untuk memperkaya pendidikan santri:
Muhadharah Rutin & Bahtsul Masail
Setiap 1 kali per semester diadakan kegiatan Muhadharah (latihan pidato/tampil di depan umum) dan Baḥṡul Masāʾil (diskusi pendalaman masalah fikih) secara terpadu.
Kegiatan ini dijadwalkan pada malam Jumat (Kamis malam) tertentu di tengah semester.
Melalui muhadharah dan bahtsul masail, diharapkan santri terampil berdakwah, berargumentasi ilmiah, dan memahami metode penyelesaian masalah menurut kaidah syariat.
Penerimaan Santri Baru
Santri baru untuk jenjang Wustho (kelas 7) dan Ulya (kelas 10) resmi masuk asrama pada 1 Muharram 1447 H (bertepatan 27 Juni 2025).
Pada tanggal tersebut, pondok mengadakan orientasi dan penyambutan santri baru, setelah mereka menyelesaikan pendidikan sebelumnya (SD/MI atau SMP/MTs).
Kegiatan Ekstrakurikuler
Di luar jam pelajaran, pondok menyediakan berbagai kegiatan pengembangan minat dan bakat, antara lain:
- Pelatihan komputer dasar
- Seni baca Al-Qur’an (tilawah)
- Kaligrafi
- Kesenian rebana
- Beladiri (Pagarnusa)
- Pramuka
- Kegiatan olahraga
Kegiatan-kegiatan ini dijadwalkan sore atau malam hari tanpa mengganggu jam belajar formal.
Ngaji Posoan (Khusus Ramadhan)
Program pesantren Ramadhan Ngaji Posoan merupakan ciri khas pondok saat bulan Ramadhan.
Selama 25 Sya’ban – 20 Ramadhan 1447 H, santri mengikuti:
- Pengajian kitab kuning intensif setiap hari setelah Shubuh dan Tarawih
- Tadarus Al-Qur’an berjamaah
- Kajian tematik Ramadhan setiap bada Zuhur
- Qiyamul lail dan kultum menjelang sahur