Landasan Filosofis Pendidikan Diniyah Formal (PDF)

Kurikulum satuan Pendidikan Diniyah Formal dikembangkan dengan landasan filosofis yang memberikan dasar bagi upaya mengembangkan kapasitas peserta didik menjadi manusia muslim Indonesia yang berkualitas yang menguasai ilmu-ilmu agama Islam dan mampu berkontribusi dalam kehidupan sosial. Landasan filosofis yang dijadikan pijakan dalam pengembangan kurikulum satuan PDF adalah sebagai berikut.
Pendidikan keagamaan Islam pada satuan PDF didasarkan pada tradisi kultural yang ada di pesantren. Pengembangan kurikulum pada satuan pendidikan jenis ini berbasis pada penguasaan kitab kuning yang merupakan salah satu karakteristik pesantren di tanah air dalam upaya mencetak kader ulama yang mutafaqqih fid din yang bertumpu pada nilai- nilai kultural yang moderat (tasamuH).
Kurikulum PDF dikembangkan dalam kerangka dasar yang menempatkan peserta didik sebagai subjek pengetahuan. Kurikulum diarahkan untuk dapat mengembangkan kapasitas peserta didik sebagi pribadi yang bukan hanya sekedar mendapatkan pengetahuan keagamaan dari kyai atau ustadz, tetapi juga dapat memperoleh dan mengembangkan pengetahuan melalui interaksi dengan sesama santri, masyarakat, atau sumber belajar lainnya.

Agenda Terbaru

Artikel Terbaru

Pengumuman Terbaru